Trik Cerdas Bahan Kimia yang Tidak Dibahas oleh Siapa Pun

Wiki Article

Teori asam-basa ketiga adalah teori Lewis, yang didasarkan pada pembentukan ikatan kimia baru.[forty nine] Teori Lewis menjelaskan bahwa asam adalah zat yang mampu menerima sepasang elektron dari zat lain selama proses pembentukan ikatan, sedangkan basa adalah zat yang dapat menyediakan sepasang elektron untuk membentuk ikatan baru.

Baja lebih keras dari besi karena atom-atomnya terikat dalam struktur kristal yang lebih kaku. Kayu terbakar atau mengalami oksidasi cepat karena ia dapat bereaksi secara spontan dengan oksigen pada suatu reaksi kimia jika berada di atas suatu suhu tertentu.

Bagian ini akan membahas langkah-langkah yang harus diambil dalam menangani limbah product kimia dengan benar. Termasuk di dalamnya adalah identifikasi limbah yang dihasilkan, pengemasan yang aman, dan penanganan limbah yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Cara menyimpan materials kimia dengan aman adalah dengan memisahkan bahan yang tidak kompatibel, menggunakan wadah yang tepat, dan menyimpannya di ruangan yang sesuai.

Menurunkan suhu atau energi lebih lanjut mengizinkan organisasi bentuk yang lebih erat, menghasilkan suatu zat padat, dan melepaskan energi. Peningkatan energi akan mencairkan es walaupun suhu tidak akan berubah sampai semua es cair. Peningkatan suhu air pada gilirannya akan menyebabkannya mendidih (lihat panas penguapan) sewaktu terdapat cukup energi untuk mengatasi gaya tarik antarmolekul dan selanjutnya memungkinkan molekul untuk bergerak menjauhi satu sama lain.

Transfer energi dari satu zat kimia ke zat lain bergantung pada ukuran kuanta energi yang diemisikan oleh satu zat. Namun, energi panas sering kali lebih mudah ditransfer dari hampir semua zat ke zat lain karena fonon yang bertanggung jawab terhadap tingkat energi vibrasi dan rotasi dalam suatu zat, memiliki energi yang jauh lebih sedikit daripada foton yang digunakan untuk transfer energi elektronik.

Suatu sistem zat-zat kimia pada kesetimbangan, walaupun memiliki komposisi yang tidak berubah, paling sering tidak statis; molekul zat terus bereaksi satu sama lain sehingga memunculkan kesetimbangan dinamis.

Kimia teori memiliki banyak tumpang tindih (secara teori dan eksperimen) dengan fisika benda kondensi dan fisika molekular.

Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atau antara materi dan energi, terutama dalam hubungannya dengan hukum pertama termodinamika. Kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam reaksi kimia, yang mengubah satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain. Kadang reaksi ini digerakkan oleh pertimbangan entalpi, seperti ketika dua zat berentalpi tinggi seperti hidrogen dan oksigen elemental bereaksi membentuk air, zat dengan entalpi lebih rendah.

Kalium permanganat adalah bahan kimia oksidator yang sering digunakan dalam industri tekstil dan farmasi. Bahan ini dapat digunakan untuk mengoksidasi senyawa organik dan melarutkan logam. 4. Nitrat

Pada bagian ini, kita akan membahas pentingnya memiliki prosedur darurat bahan kimia berkualitas yang jelas dalam menghadapi kecelakaan atau kejadian yang melibatkan substance kimia.

Bahan kimia memiliki berbagai sifat yang membedakan satu sama lain. Berikut adalah beberapa sifat bahan kimia beserta contoh dan lambangnya: 1. Warna

Kimia fisik adalah studi tentang sifat fisik molekul, dan hubungannya dengan cara menyatukan molekul dan atom. Kimia fisik berurusan dengan prinsip-prinsip dan metodologi baik kimia dan fisika serta merupakan studi tentang bagaimana struktur kimia berpengaruh terhadap sifat fisik suatu zat.

Setelah penggunaan bahan kimia di laboratorium, perlu dilakukan pembersihan dan penghapusan limbah bahan kimia dengan benar. Pembersihan laboratorium yang baik dapat membantu mencegah terjadinya kontaminasi dan memperpanjang umur alat atau peralatan laboratorium.

Report this wiki page